Peran Konsep Diri Akademik Sebagai Mediator Antara Kompetensi Guru Terhadap Regulasi Belajar Santri Selama Pembelajaran Kitab Al-Ajurumiyyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kompetensi guru dan regulasi diri
belajar santri dengan konsep diri akademik sebagai variabel mediator selama
pembelajaran kitab Al-Ajurumiyyah. Penelitian ini melibatkan 79 santri yang sedang
mengikuti pembelajaran kitab Al-Ajurumiyyah. Adapun alat ukur yang digunakan adalah
Academic Self-Regulated Learning (A-SRL), Teacher Competence Questionnaire (TCQ),
dan Academic Self-Concept Questionnaire (ASCQ). Selanjutnya, data dianalisis dengan
Exploratory Factor Analysis (EFA) dan analisis mediasi menggunakan aplikasi JASP
0.16.1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri akademik memediasi secara
parsial hubungan kompetensi guru dan regulasi diri belajar santri yang sedang mengikuti
pembelajaran Al-Ajurumiyyah. Maka dari itu, hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Collections
- Master of Psychology [374]