Pengaruh Pelatihan “Grow Up Together” Terhadap Efikasi Diri Guru Dalam Mengajar Di Sekolah Inklusi
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah pemberian pelatihan “Grow Up
Together” terhadap guru Sekolah Dasar (SD) pada sekolah inklusi mengenai tingkat
efikasi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efikasi diri guru
di sekolah inklusi sebelum dan setelah diberikan pelatihan “Grow Up Together”.
Penelitian ini menggunakan desain pra eksperimen dengan jenis one group pretest
posttest design. Responden dalam penelitian ini merupakan guru-guru SD di sekolah
inklusi “X”. Pengukuran dalam penelitian ini menggunakan Teacher’s Sense of
Efficacy Scale short form, yang dikembangkan oleh Hoy dan Tschannen Moran
(2001). Data dianalisis dengan wilcoxon matched pairs sigend-ranks test
menggunakan bantuan aplikasi JASP. Hasil analisis menunjukkan perbedaan yang
tidak signifikan pre tes dan pos tes, dengan nilai p = 0.035 (<0.05), z = -2.201
Collections
- Master of Psychology [351]