Implementasi Ibadah Shalat Berjamaah Untuk Membangun Karakter Disiplin Siswa Di Mdta Nurul Huda Ujung Batu Iii Kabupaten Padang Lawas
Abstract
Pendidikan karakter disiplin merupakan salah bentuk pendidikan yang
sangat bernilai karena tanpa adanya disiplin seseorang tidak akan mampu mengatur
hidupnya. Seringkali seseorang telat menyadari betapa pentingnya hidup
berdisiplin. Hidup berdisiplin harus dibiasakan sejak usia dini dimulai dari salah
satu ibadah yang wajib dilaksanakan umat Islam yaitu shalat. Pembiasaan shalat
berjamaah dalam membentuk karakter disiplin merupakan salah satu bentuk
kepedulian guru dan orang tua dalam tubuh kembang anak. Salah satu dampak dari
pembiasaan shalat berjamaah adalah disiplin waktu. Dengan pembiasaan shalat
tepat waktu maka seseorang bisa mendisiplinkan dirinya dalam berbagai kegiatan.
Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan implementasi
ibadah shalat berjamaah untuk membangun karakter disiplin siswa di MDTA Nurul
Huda Ujung Batu III Kabupaten Padang Lawas.
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian lapangan (research
field). Objek penelitiannya implementasi ibadah shalat berjamaah untuk
membangun karakter disiplin siswa di MDTA Nurul Huda Ujung Batu III
Kabupaten Padang Lawas. Sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah
dan wali kelas. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang
digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan
kesimpulan.
Pembentukan karakter disiplin melalui ibadah shalat berjamaah yang
dilaksanakan di MDTA Nurul Huda Ujung Batu III dilaksanakan ketika shalat ashar
dan dilakukan oleh seluruh warga sekolah, imam maupun muadzin dilaksanakan
langsung oleh para murid sebagai proses pendidikan. Hasil dari implementasi ini
adalah disiplin waktu, berani dalam memimpin, ketekunan ibadah dan saling
menghormati.
Collections
- Islamic Education [863]