Show simple item record

dc.contributor.authorAZZAHRA AYU PRASANTI
dc.date.accessioned2023-02-09T04:50:26Z
dc.date.available2023-02-09T04:50:26Z
dc.date.issued2022-08-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42457
dc.description.abstractPandemi Covid-19 merupakan peristiwa yang mengubah keterbiasaan, salah satunya mengenai pembelajaran jarak jauh di seluruh dunia, tidak terkecuali Yogyakarta. Peristiwa ini menjadi tantangan sendiri terutama untuk PAUD karena anak usia dini memiliki short attention span dan pembelajaran yang dilakukan biasanya dengan bermain. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi guru-guru PAUD di Kota Yogyakarta dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di tengah terjadinya pandemi dan mengidentifikasi upayaupaya baru yang dilakukan oleh pengajar agar pembelajaran PAUD di Kota Yogyakarta tetap efektif seperti sebelum terjadinya pandemi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi dalam pengumpulan data. Subjek yang diteliti merupakan TK Budi Mulia Al-Bayaan dan TK Mutiara Cendekia Insani dengan narasumber yang dipilih merupakan dua kepala sekolah, dua guru, dan dua orang tua dari TK tersebut. Hasil menampilkan bahwa ada tiga metode untuk strategi komunikasi yang digunakan guru; 1) metode linear: digunakan saat pembelajaran bersifat praktek, 2) interaktif dan 3) transaksional: digunakan saat pembelajaran bersifat kognitif. Faktor pendukung yang ditemukan adalah dengan adanya media Zoom dapat memudahkan pembelajaran berlangsung, sehingga ada komunikasi yang terjalin langsung antara anak dan guru sedangkan faktor penghambat berupa skill guru terhadap IPTEK dan kreativitas saat mengajar.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Interpersonal Guru Ke Peserta Didik Dan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Di Masa Pandemi Di PAUD Kota Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM18321002


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record