Hubungan Antara Kreativitas Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Pola Pikir Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Sma Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada atau tidaknya hubungan yang
signifikan antara kreativitas siswa dan kebiasaan belajar terhadap pola pikir siswa
pada pelajaran kimia di SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Populasi penelitian ini
adalah peserta didik SMAN 4 Kota Tasikmalaya MIPA yang berjumlah 15 kelas
dengan kelas X yang berjumlah 5 kelas, kelas XI yang berjumlah 5 kelas, kelas
XII yang berjumlah 5 kelas. Sampel terdiri dari 140 siswa kelas XI MIPA dan XII
MIPA dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling.
Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah non tes dengan instrumen
yang berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi.
Penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji
Linieritas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji statistika non parametrik yaitu
uji korelasi Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan kebiasaan belajar siwa SMAN
4 Kota Tasikmalaya dengan hasil signifikansi 0,000 dan nilai korelasi yaitu -0,322
dengan tingkat hubungan negatif, terdapat hasil penelitian bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara kreativitas siswa dan pola pikir siswa SMAN 4
Kota Tasikmalaya dengan hasil signifikansi 0,000 dan nilai korelasi yaitu 0,527
dengan tingkat hubungan positif dan terdapat hasil penelitian bahwa tidak ada
hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan pola pikir siswa SMAN 4
Kota Tasikmalaya dengan hasil signifikansi 0,147 dan nilai korelasi yaitu -0,123
dengan tingkat hubungan negatif.
Collections
- Chemistry Education [324]