Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Interaksi Sosial Pada Pembelajaran Kimia Di Man 2 Kebumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara
kepercayaan diri dengan interaksi sosial pada pembelajaran kimia di MAN 2
Kebumen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAN ? Kebumen yang
berjumlah 499 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 11 IPA
yang berjumlah 149 siswa. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan
teknik non tes dengan bentuk instrumen berupa angket. Instrumen kepercayaan diri
dan interaksi sosial yang berbentuk angket kemudian disebar dalam bentuk google
formulir. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
sampling non probability sampling yaitu sampling purposive. Hipotesis diuji
dengan uji statistik non parametrik uji Spearman. Hasil penelitian menunjukan
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan interaksi
sosial pada pembelajaran kimia di MAN 2 Kebumen dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,546.
Collections
- Chemistry Education [324]