Peran Dukungan Orang Tua Terhadap Kesejahteraan Subjektif Siswa Sekolah Menengah Pada Masa Peralihan Kenormalan Baru Dengan Efikasi Diri Sebagai Mediator
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap dukungan sosial orang
tua dan kesejahteraan subjektif siswa selama pandemi. Responden yang dilibatkan dalam
penelitian ini sejumlah 318 siswa sekolah menengah (SMA/SMK/sederajat) berusia 15 hingga 18
tahun. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif.
Pengumpulan data diperoleh melalui tiga kuesioner yaitu (a) skala kesejahteraan subjektif yaitu
scale of positive and negative experience (SPANE), (b) skala efikasi diri menggunakan General
Self-Efficacy Scale (GSES) dan (c) skala dukungan orang tua yaitu Child and Adolescent Social
Support Scale (CASSS). Analisis data menggunakan PROCESS Macro dengan program SPSS
22. Hasil analisis menunjukkan bahwa efikasi diri berperan sebagai mediator parsial dalam
hubungan antara dukungan orang tua dan kesejahteraan subjektif siswa selama pada pandemi.
Dengan demikian, hipotesis diterima.
Collections
- Master of Psychology [351]