Pengembangan Ide Bisnis Digital Content Creator Dengan Metode Design Thinking
Abstract
Sebelumnya telah ada beragam ide bisnis digital content creator yang berhasil
dikembangkan. Setiap dari ide bisnis tersebut memiliki kelemahan, tetapi memiliki
keunggulan juga yang tidak dimiliki oleh ide bisnis lainnya. Masih adanya kelemahan pada
ide bisnis digital content creator yang sudah ada, maka ide bisnis tersebut perlu untuk
dikembangkan lagi menjadi ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan para digital content
creator maupun pelaku kreatif digital sepenuhnya. Berdasarkan masalah tersebut didapatkan
rumusan masalah berupa bagaimana mengembangkan ide bisnis digital content creator
dengan metode design thinking. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk memperoleh ide
bisnis digital content creator yang dapat memenuhi kebutuhan digital content creator dan
pelaku kreatif digital sepenuhnya dengan menggunakan metode design thinking, dimana
terdapat lima tahapan di dalamnya yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing.
Hasil dari penelitian ini berupa ide bisnis digital content creator baru, yang diberi nama
CreativePub. CreativePub adalah sebuah platform digital kreatif berbasis website untuk para
digital content creator dapat saling berbagi karya mereka. CreativePub dapat membantu
mempertemukan digital content creator dengan orang yang ingin membeli karya dan jasa
mereka. CreativePub juga memberi kesempatan kepada para digital content creator agar bisa
mendapatkan penghasilan dari karya mereka. Selain itu, CreativePub juga merupakan sebuah
website penyedia aset digital dengan model bisnis subscription. Berdasarkan hasil tahap
testing dari prototype CreativePub yang telah dilakukan kepada 10 orang calon pengguna,
dapat dikatakan bahwa ide bisnis CreativePub yang telah dikembangkan valid dan dapat
diterima oleh calon pengguna. Karena didapatkan skala rata-rata 4.6 dari 5 untuk penilaian
calon pengguna terhadap ide bisnis CreativePub.
Collections
- Informatics Engineering [2154]