Show simple item record

dc.contributor.authorRIZKI FAJAR SETYONO
dc.date.accessioned2023-02-08T02:11:21Z
dc.date.available2023-02-08T02:11:21Z
dc.date.issued2022-10-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42372
dc.description.abstractSebelumnya telah ada beragam ide bisnis digital content creator yang berhasil dikembangkan. Setiap dari ide bisnis tersebut memiliki kelemahan, tetapi memiliki keunggulan juga yang tidak dimiliki oleh ide bisnis lainnya. Masih adanya kelemahan pada ide bisnis digital content creator yang sudah ada, maka ide bisnis tersebut perlu untuk dikembangkan lagi menjadi ide bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan para digital content creator maupun pelaku kreatif digital sepenuhnya. Berdasarkan masalah tersebut didapatkan rumusan masalah berupa bagaimana mengembangkan ide bisnis digital content creator dengan metode design thinking. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk memperoleh ide bisnis digital content creator yang dapat memenuhi kebutuhan digital content creator dan pelaku kreatif digital sepenuhnya dengan menggunakan metode design thinking, dimana terdapat lima tahapan di dalamnya yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil dari penelitian ini berupa ide bisnis digital content creator baru, yang diberi nama CreativePub. CreativePub adalah sebuah platform digital kreatif berbasis website untuk para digital content creator dapat saling berbagi karya mereka. CreativePub dapat membantu mempertemukan digital content creator dengan orang yang ingin membeli karya dan jasa mereka. CreativePub juga memberi kesempatan kepada para digital content creator agar bisa mendapatkan penghasilan dari karya mereka. Selain itu, CreativePub juga merupakan sebuah website penyedia aset digital dengan model bisnis subscription. Berdasarkan hasil tahap testing dari prototype CreativePub yang telah dilakukan kepada 10 orang calon pengguna, dapat dikatakan bahwa ide bisnis CreativePub yang telah dikembangkan valid dan dapat diterima oleh calon pengguna. Karena didapatkan skala rata-rata 4.6 dari 5 untuk penilaian calon pengguna terhadap ide bisnis CreativePub.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePengembangan Ide Bisnis Digital Content Creator Dengan Metode Design Thinkingen_US
dc.Identifier.NIM18523135


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record