Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Business Model Canvas (Bmc) Dan Pendekatan Analisis Swot (Studi Kasus: Umkm Toko Sonorejo Makmur)
Abstract
Toko Sonorejo Makmur merupakan UMKM yang menjual berbagai macam
sembilan bahan pokok (sembako). Dalam perjalanan Bisnis Toko Sonorejo
Makmur, terdapat satu masalah mengenai kurangnya strategi pemasaran produk
yang dijual oleh Toko Sonorejo Makmur yang dimana penjualan produk Toko
Sonorejo Makmur menurun dikarenakan adanya pandemic Covid-19. Namun,
dalam masa transisi pandemic Covid-19 Toko Sonorejo Makmur berhasil
menstabilkan pemasukannya walaupun tidak seperti sebelum masa pandemic.
Produk yang dijual oleh Toko Sonorejo Makmur adalah produk kebutuhan seharihari
dengan berbagai merek. Penelitian ini memiliki tujuan yang berfokus pada
kondisi persaingan, pengembangan bisnis pemasaran dengan metode Business
Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT (IFAS,EFAS, dan Matriks SWOT).
Hasil yang di dapat pada penelitian ini Kondisi persaingan masuk kedalam kondisi
3,5C (Sophisticated). Hasil penelitian dengan BMC sudah memenuhi 9 aspek dalam
BMC dan masih dapat berkembang dengan strategi S-O (Strengths and
Opportunity) sehingga memperoleh peningkatan hasil yang signifikan. Hasil
Analisis SWOT menunjukkan perusahaan berada di kuadran 1 yang berarti
progresif yang memiliki kekuatan dan peluang yang baik.
Collections
- Industrial Engineering [2227]