Perancangan Ulang Jembatan Bae – Besito (Karangsambung) Dengan Pci-Girder (Redesign Of Bae – Besito (Karangsambung) Bridge With Pci-Girder)
Abstract
Jembatan Karangsambung memiliki desain struktur atas berupa rangka baja dengan tipe
jembatan Railway. Jembatan ini memiliki bentang 68 m dengan lebar 2,8 m. Lebar jembatan yang
cukup kecil untuk lalu lintas dua jalur, sehingga pada saat jam sibuk seperti pagi hari dan sore hari
sering terjadi antrean untuk melintas jembatan ini. Jembatan Karangsambung menghubungkan Desa
Bae dan Desa Besito yang terpisah oleh sungai Gelis yang berada di Kecamatan Bae, Kabupaten
Kudus, Jawa Tengah. Jembatan ini mempunyai panjang 70 m, direncanakan dalam dua bentang
masing- masing 35,6 m.
Perencanaan pembebanan jembatan berpedoman pada peraturan terbaru yakni SNI 1725
(2016) dan SNI 2833 (2016). Metode perencanaan mengacu Panduan Praktis Perencanaan Teknis
Jembatan No. 02/M/BM/2021 dan dilengkapi dengan peraturan jembatan lainnya seperti, RSNI T12
(2004)
dan
SNI
2847
(2019).
Proses
analisis
menggunakan
bantuan
software
SAP2000
v22.
dan
Micosoft
Excel.
Perencanaan
menggunakan
Girder-I
H-210
produk
dari
WIKA
Beton
dengan
jarak
1850
mm
dan
mutu f’c = 50 MPa. Sehingga digunakan 5 gelagar dengan 4 tendon dan total 65 strands
uncoated 7 wire strands ASTM A-416 grade 270 untuk setiap gelagar. Pelat lantai memiliki tebal
0,25 m dengan overlay diizininkan maskimum 10 cm. Struktur atas jembatan didukung
menggunakan dua abutment dan satu pilar. Fondasi yang digunakan adalah tiang pancang dengan
diameter 0,8 m dan kedalaman 17,5 m.
Collections
- Civil Engineering [4258]