Show simple item record

dc.contributor.authorRANGGA SUSENO
dc.date.accessioned2023-02-07T08:10:47Z
dc.date.available2023-02-07T08:10:47Z
dc.date.issued2023-01-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42355
dc.description.abstractJembatan Karangsambung memiliki desain struktur atas berupa rangka baja dengan tipe jembatan Railway. Jembatan ini memiliki bentang 68 m dengan lebar 2,8 m. Lebar jembatan yang cukup kecil untuk lalu lintas dua jalur, sehingga pada saat jam sibuk seperti pagi hari dan sore hari sering terjadi antrean untuk melintas jembatan ini. Jembatan Karangsambung menghubungkan Desa Bae dan Desa Besito yang terpisah oleh sungai Gelis yang berada di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Jembatan ini mempunyai panjang 70 m, direncanakan dalam dua bentang masing- masing 35,6 m. Perencanaan pembebanan jembatan berpedoman pada peraturan terbaru yakni SNI 1725 (2016) dan SNI 2833 (2016). Metode perencanaan mengacu Panduan Praktis Perencanaan Teknis Jembatan No. 02/M/BM/2021 dan dilengkapi dengan peraturan jembatan lainnya seperti, RSNI T12 (2004) dan SNI 2847 (2019). Proses analisis menggunakan bantuan software SAP2000 v22. dan Micosoft Excel. Perencanaan menggunakan Girder-I H-210 produk dari WIKA Beton dengan jarak 1850 mm dan mutu f’c = 50 MPa. Sehingga digunakan 5 gelagar dengan 4 tendon dan total 65 strands uncoated 7 wire strands ASTM A-416 grade 270 untuk setiap gelagar. Pelat lantai memiliki tebal 0,25 m dengan overlay diizininkan maskimum 10 cm. Struktur atas jembatan didukung menggunakan dua abutment dan satu pilar. Fondasi yang digunakan adalah tiang pancang dengan diameter 0,8 m dan kedalaman 17,5 m.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePerancangan Ulang Jembatan Bae – Besito (Karangsambung) Dengan Pci-Girder (Redesign Of Bae – Besito (Karangsambung) Bridge With Pci-Girder)en_US
dc.Identifier.NIM18511106


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record