Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlaq Siswa Kelas V Di Sd Negeri Jomblang 1 Desa Tegaltirto Berbah Sleman
Abstract
Pembelajaran Akhlak sangat penting diberikan kepada anak sejak kecil
agar
ketika dewasa nanti anak sudah memiliki bekal yang dapat
diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Namun banyak anak saat ini
yang mungkin memiliki akhlak yang kurang baik, contoh kurang sopan kepada
orang yang lebih tua, berkata kasar. Padahal seharusnya anak-anak seusia ini
diajarkan bagaimana menghormati ke yang lebih tua, patuh dengan perkataan
orang yang lebih tua. Selain orang tua, pembelajaran akhlak juga menjadi
tanggung jawab guru ketika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan Akhlak
peserta didik kelas V di SD Negeri Jomblang 1 desa Tegaltirto Berbah Sleman dan
untuk menganalisis hasil dari pembinaan akhlak peserta didik kelas V di SD
Negeri Jomblang 1 Desa Tegaltirto Berbah Sleman.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yakni penelitian
yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi, dan situasi sosial, yang
hasilnya dipaparkan dalam bentuk laproran penelitian. Penelitian ini dilaksanakan
di SD Negeri Jomblang 1 Desa Tegaltirto Berbah Sleman. Instrument yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan
data yang memenuhi standar yang ditetapkan.
Hasil dari penelitian pembinaan akhlak siswa kelas V sudah berjalan
dengan baik, namun terdapat beberapa siswa yang tidak menjalankan pembinaan
akhlak yang guru Pendidikan Agama Islam sampaikan. Hal tersebut dapat diatasi
dengan cara siswa dipanggil menemui guru Pendidikan Agama Islam untuk
diberikan bimbingan dan arahan secara individu serta memberikan motivasi
kepada siswaagar lebih baik lagi.
Collections
- Islamic Education [862]