Implementasi Program Btaq Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Qur’an Siswa Di Sd Muhammadiyah Balerante Turi, Sleman
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan dalam
membaca dan menulis Al-Qur’an siswa di SD Muhammadiyah Balerante, Turi,
Sleman. Pada implementasi program Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ) bertujuan
untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta faktor
pendukung dan penghambat dalam implementasinya.
Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan
datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
datanya dengan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi data
dan triangulasi teknik melalui pengecekan berbagai sumber data, cara dan waktu
untuk perolehan data.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi program BTAQ
berjalan cukup baik. Kaitannya dengan program BTAQ terhadap siswa, peran
kepala sekolah, guru pengampu dan peran orangtua haruslah dapat memberikan
kontribusi besar dalam proses pembelajaran Al-Qur’an siswa tersebut mulai dari
tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi agar dapat meningkatkan
kemampuan dalam membaca, menulis dan hafalan Al-Qur’an siswa yang tentunya
sesuai dengan kaidah tajwid, pedoman menulis Al-Qur’an dan target hafalan yang
telah ditentukan oleh sekolah. Adapun faktor pendukungnya yaitu fasilitas yang
memadai, guru yang berkompeten serta semangat tinggi pada siswa. Faktor
penghambatnya yaitu kemampuan siswa bervariasi, keterbatas waktu, program
terhenti karena pandemi serta siswa yang kurang mendapatan perhatian dari
orangtunya.
Collections
- Islamic Education [862]