dc.description.abstract | Pertumbuhan jumlah ekspor dan impor di masa pandemi Covid-19 mengalami
penurunan yang cukup drastis. Salah satu kegiatan ekspor yang menurun terdapat pada pasar
kerajinan dan furniture. Akibatnya banyak pabrik kerajinan dan furniture mengalami
penurunan produksi akibat menurunnya permintaan jumlah ekspor. PT. Diras Concept
merupakan salah satu perusahaan yang dapat kembali bangkit dan mempertahankan jumlah
permintaan produksi ekspornya hingga saat ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan PT. Diras Concept dalam
mempertahankan jumlah produksi ekspor selama masa pandemi Covid-19. Dengan tujuan
penelitian yaitu mengetahui strategi komunikasi pemasaran terpadu yang dilakukan PT. Diras
Concept dalam mempertahankan jumlah produksi ekspor di masa pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik wawancara yaitu dengan
wawancara mendalam dan terstruktur, dengan menggunakan pedoman wawancara. Hasil dari
penelitian ditemukan bahwa dalam mempertahankan jumlah produksinya dimasa pandemiPT.
Diras Concept melakukan empat jenis kegiatan komunikasi pemasaran terpadu. Penjualan
Pribadiyaitu denganmengubah kegiatan pameran yang bertaraf internasional secara rutin
setiap tahunnya, menjadi meeting secara online maupun langsung yang bertempat di kantor
PT. Diras Concept. Pemasaran langsung melalui e-mail dengan mengirim e-catalog yang
dijadikan pemasaran utama selama masa pandemi. Pemasaran interaktif yang dilakukan PT.
Diras Concept dengan membuat akun Facebook serta Instagram.Promosi Penjualan dengan
menambahkan penawaran berbentuk sampel secara gratis untuk pembeli yang berpotensial. | en_US |