Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Yang Mengikuti Pembelajaran Blended Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga
terhadap resiliensi akademik mahasiswa yang mengikuti pembelajaran blended
learning. Pada penelitian ini jumah responden sebanyak 107, namun responden
yang memenuhi kriteria sebanyak 95 responden mahasiswa laki-laki sebanyak 22
dan perempuan sebanyak 73. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif.
Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Academic Resilience Scale
(ARS-30) Cassidy (2016) dan telah diadaptasi ke dalam versi Indonesia oleh
(Kumalasari et al., 2020). Sedangkan alat ukur dukungan keluarga dalam
penelitian ini adalah Family Support Scale (FSS) (Uddin & Bhuiyan, 2019). Hasil
penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara
dukungan keluarga dengan resiliensi akademik mahasiswa. Nilai koefisien
korelasi yang berhasil didapat dalam penelitian ini sebesar r=0.226 dan p=0.028
(p<0.005). Hal tersebut menjelaskan bahwa semakin tinggi dukungan keluarga
yang diberikan maka semakin tinggi pula resiliensi akademik yang dimiliki
mahasiswa. Berlaku sebaliknya, jika semakin rendah dukungan keluarga yang
diberikan maka akan semakin rendah pula resiliensi akademik yang dimiliki
mahasiswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam
penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2173]