Show simple item record

dc.contributor.authorAUFA RIFQI ALTHAF
dc.date.accessioned2023-02-07T06:53:24Z
dc.date.available2023-02-07T06:53:24Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42335
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap resiliensi akademik mahasiswa yang mengikuti pembelajaran blended learning. Pada penelitian ini jumah responden sebanyak 107, namun responden yang memenuhi kriteria sebanyak 95 responden mahasiswa laki-laki sebanyak 22 dan perempuan sebanyak 73. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Academic Resilience Scale (ARS-30) Cassidy (2016) dan telah diadaptasi ke dalam versi Indonesia oleh (Kumalasari et al., 2020). Sedangkan alat ukur dukungan keluarga dalam penelitian ini adalah Family Support Scale (FSS) (Uddin & Bhuiyan, 2019). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan keluarga dengan resiliensi akademik mahasiswa. Nilai koefisien korelasi yang berhasil didapat dalam penelitian ini sebesar r=0.226 dan p=0.028 (p<0.005). Hal tersebut menjelaskan bahwa semakin tinggi dukungan keluarga yang diberikan maka semakin tinggi pula resiliensi akademik yang dimiliki mahasiswa. Berlaku sebaliknya, jika semakin rendah dukungan keluarga yang diberikan maka akan semakin rendah pula resiliensi akademik yang dimiliki mahasiswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleHubungan Dukungan Keluarga Terhadap Resiliensi Akademik Mahasiswa Yang Mengikuti Pembelajaran Blended Learningen_US
dc.Identifier.NIM18320212


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record