Show simple item record

dc.contributor.authorMUHAMMAD FIKRI ALDIANSYAH
dc.date.accessioned2023-02-07T04:25:07Z
dc.date.available2023-02-07T04:25:07Z
dc.date.issued2023-01-12
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42326
dc.description.abstractSejak laporan pertama mengenai pneumonia baru, yang sekarang dikenal dengan COVID-19 di Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, dari awal Desember 2019 telah terjadi peningkatan kasus COVID-19 di Cina setiap hari. Penyebaran COVID-19, berdampak pada perekonomian global. Sektor penunjang pariwisata seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terkena dampak dari pandemi COVID-19, semenjak pemberlakuannya pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) dan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Banyak UMKM seperti Pengusaha batik di D.I Yogyakarta seperti pembuat atau rumah produksi kain batik dan atau penjual kain batik, yang tutup sementara, dan ditemukan beberapa rumah produksi batik terpaksa berhenti berproduksi karena omzet produksi serta penjualan menurun. Disisi lain kebijakan dalam mengurangi interaksi fisik mendorong peralihan aktifitas melalui internet, mengubah perilaku rutinitas sehari-hari masyarakat. Tingginya minat belanja online masyarakat yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan informasi, memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk meningkatkan produktivitas dan pemasarannya, dengan menggunakan layanan atau jasa media sosial (social media). Penelitian ini menganalisis mengenai sembilan faktor yang memengaruhi niat perilaku seseorang dalam menggunakan social commerce, yakni model pemasaran melalui social media berdasarkan kepada teori penerimaan teknologi UTAUT2 dengan pengembangan model berupa variable laten perceived risk dan perceived trust, menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS – SEM) menggunakan alat analisis SmartPLS 4. Hasilnya menunjukan bahwa pengaruh sosial, persepsi resiko (resiko yang dirasakan), dan persepsi kepercayaan (kepecayaan yang dirasakan) memiliki pengaruh terhadap niat perilaku untuk menggunakan sosial commerce.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Niat Perilaku Konsumen Batik Umkm Di Yogyakarta Dalam Menggunakan Social Commerce: Pengembangan Model Utaut 2en_US
dc.Identifier.NIM18312401


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record