Analisis Strategi Pemasaran Pada Ekowisata Ledok Sambi Menggunakan Metode Analisis Swot Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm)
Abstract
Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi kekayaan sumber daya alam yang dapat
menjadi modal untuk mengembangan industri pariwisata dengan memanfaatkan potensi
alam. Salah satu wisata berbasis alam yang dikembangkan di Yogyakarta yaitu Ekowisata
Ledok Sambi yang terletak di Jalan Kaliurang KM 19. Tepatnya berada di Desa
Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Semakin menjamurnya
pariwisata berbasis alam merupakan salah satu tantangan bagi pengelola ekowisata Ledok
Sambi karena semakin banyak pesaing. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah
menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh pengelola Ekowisata
Ledok Sambi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap
perkembangan Ekowisata Ledok Sambi sehingga semakin banyak wisatawan yang
datang berkunjung sehingga berimbas terhadap peningkatan perekonomian masyarakat
sekitar Ekowisata Ledok Sambi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
wawancara dan observasi. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis
SWOT dan Metode quantitative strategic planning matrix. Hasil dari pengeolahan data
menggunakan Analisis SWOT menunjukkan bahwa Ekowisata Ledok Sambi berada pada
posisi yang “kuat” dan “berpeluang”. Alternatif strategi yang direkomendasikan yaitu
membuat branding yang lebih baik mengenai produk dan layanan Ekowisata Ledok
Sambi baik kepada pengunjung maupun stakeholder serta menjaga sustainability
Ekowisata Ledok Sambi dengan manage produk, customer, stakeholder, dan sosial.
Sedangkan hasil dari metode QSPM menghasilkan strategi yang direkomendasikan untuk
dijalankan oleh pengelola Ekowisata Ledok Sambi yaitu menjaga sustainability
Ekowisata Ledok Sambi dengan manage produk, customer, stakeholder, dan sosial.
Collections
- Industrial Engineering [2224]