Show simple item record

dc.contributor.authorMUHAMMAD HARISUDIN
dc.date.accessioned2023-02-07T03:51:34Z
dc.date.available2023-02-07T03:51:34Z
dc.date.issued2022-10-10
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42313
dc.description.abstractDaerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi kekayaan sumber daya alam yang dapat menjadi modal untuk mengembangan industri pariwisata dengan memanfaatkan potensi alam. Salah satu wisata berbasis alam yang dikembangkan di Yogyakarta yaitu Ekowisata Ledok Sambi yang terletak di Jalan Kaliurang KM 19. Tepatnya berada di Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Semakin menjamurnya pariwisata berbasis alam merupakan salah satu tantangan bagi pengelola ekowisata Ledok Sambi karena semakin banyak pesaing. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh pengelola Ekowisata Ledok Sambi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan Ekowisata Ledok Sambi sehingga semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung sehingga berimbas terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitar Ekowisata Ledok Sambi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Adapun metode analisis data yang digunakan yaitu Analisis SWOT dan Metode quantitative strategic planning matrix. Hasil dari pengeolahan data menggunakan Analisis SWOT menunjukkan bahwa Ekowisata Ledok Sambi berada pada posisi yang “kuat” dan “berpeluang”. Alternatif strategi yang direkomendasikan yaitu membuat branding yang lebih baik mengenai produk dan layanan Ekowisata Ledok Sambi baik kepada pengunjung maupun stakeholder serta menjaga sustainability Ekowisata Ledok Sambi dengan manage produk, customer, stakeholder, dan sosial. Sedangkan hasil dari metode QSPM menghasilkan strategi yang direkomendasikan untuk dijalankan oleh pengelola Ekowisata Ledok Sambi yaitu menjaga sustainability Ekowisata Ledok Sambi dengan manage produk, customer, stakeholder, dan sosial.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Pada Ekowisata Ledok Sambi Menggunakan Metode Analisis Swot Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm)en_US
dc.Identifier.NIM17522239


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record