Analisis Implikasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Membentuk Karakter Siswa Yang Islami Di Smp Negeri Cikende 1 Cikande, Serang
Abstract
Pendidikan adalah salah satu kunci yang mampu mencetak sebuah
peradaban. Pendidikan juga merupakan wajah dari sebuah negara, bagaimana
karakter penduduk suatu negara mampu dibentuk dari sebuah pendidikan yang ada.
Sejalan dengan apa yang tercantum dalam UU No 22 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional yaitu Pendidikan Nasional berfungsi mengembangka n
kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban negara yang bermartabat
dalam rangka mencerdaskan kehidupan Negara, bertujuan agar berkembangnya
potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis pendekatan penelitia n
kualitatif yang disebut juga penelitian naturalistik serta menggunakan metode
deskriptif analitik. Dengan tujuan penelitian untuk mengatahui Implementas i
pembelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa yang Islami, dan faktor yang
pendukung dan penghambatnya.
Penelitian menunjukkan bahwa, pertama, SMP N 1 Cikande telah
mengimplementasikan pembelajaran yang mebentuk karakter siswa yang Islami,
melalui kegiatan seperti hafalan, pembiasaan, pemberian materi, serta kegiatankegiatan
keagamaan pada lingkup sekolah. Kedua, faktor yang menjadi
penghambatnya disebakan oleh ketidakmampuan sekolah dalam mengawas i
kegiatan siswa saat berada diluar sekolah, dan faktor pendukungya adalah adanya
fasilitas yang memadai terlaksananya kegiatan-kegiatan keagamaan.
Collections
- Islamic Education [862]