Dampak Pemindahan Putar Balik Terhadap Kinerja Simpang: Studi Kasus Simpang Monjali Effects Of U-Turn Positioning To Intersection Performance: Case Study Of Monjali Intersection
Abstract
Kemacetan yang terjadi di Simpang Monjali disebabkan karena terjadinya peningkatan
volume lalu lintas dan adanya bukaan median beberapa meter sebelum persimpangan. Kendaraan
yang melakukan putaran balik sering kali mengurangi kecepatan bahkan berhenti menunggu
kendaraan dari arah berlawanan menurun sehingga mempengaruhi di belakang nya yang tidak
melakukan putar balik.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak pemindahan putar balik terhadap kinerja
simpang Monjali. Perhitungan menggunakan Bina Marga (BM/06/2005) dan MKJI 1997. Analisis
data dilakukan dengan menggunakan software VISSIM.
Hasil analisis menunjukan bahwa pemindahan fasilitas putar balik ke simpang tidak lebih
baik daripada kondisi eksisting dan tidak disarankan karena tidak dapat memperbaiki tingkat
pelayanan. Lengan Utara, Selatan dan Barat tidak mengalami perubahan tingkat pelayanan
sedangkan Lengan Timur mengalami penurunan tingkat pelayanan dari D menjadi E. Alternatif ke
dua berupa perubahan waktu siklus sinyal lalu lintas. Tingkat pelayanan Lengan Utara berubah dari
E menjadi D, Lengan Selatan berubah dari D menjadi C sedangkan Lengan Timur menurun dari D
menjadi E. Lengan Barat tidak mengalami perubahan tingkat pelayanan. Nilai derajat kejenuhan
semua lengan juga sudah sesuai nilai yang disyaratkan < 0,85.
Collections
- Civil Engineering [4205]