Show simple item record

dc.contributor.authorHANUN WISNU NUR SALSABILA
dc.date.accessioned2023-02-07T01:59:41Z
dc.date.available2023-02-07T01:59:41Z
dc.date.issued2022-11-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42278
dc.description.abstractKemacetan yang terjadi di Simpang Monjali disebabkan karena terjadinya peningkatan volume lalu lintas dan adanya bukaan median beberapa meter sebelum persimpangan. Kendaraan yang melakukan putaran balik sering kali mengurangi kecepatan bahkan berhenti menunggu kendaraan dari arah berlawanan menurun sehingga mempengaruhi di belakang nya yang tidak melakukan putar balik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak pemindahan putar balik terhadap kinerja simpang Monjali. Perhitungan menggunakan Bina Marga (BM/06/2005) dan MKJI 1997. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software VISSIM. Hasil analisis menunjukan bahwa pemindahan fasilitas putar balik ke simpang tidak lebih baik daripada kondisi eksisting dan tidak disarankan karena tidak dapat memperbaiki tingkat pelayanan. Lengan Utara, Selatan dan Barat tidak mengalami perubahan tingkat pelayanan sedangkan Lengan Timur mengalami penurunan tingkat pelayanan dari D menjadi E. Alternatif ke dua berupa perubahan waktu siklus sinyal lalu lintas. Tingkat pelayanan Lengan Utara berubah dari E menjadi D, Lengan Selatan berubah dari D menjadi C sedangkan Lengan Timur menurun dari D menjadi E. Lengan Barat tidak mengalami perubahan tingkat pelayanan. Nilai derajat kejenuhan semua lengan juga sudah sesuai nilai yang disyaratkan < 0,85.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleDampak Pemindahan Putar Balik Terhadap Kinerja Simpang: Studi Kasus Simpang Monjali Effects Of U-Turn Positioning To Intersection Performance: Case Study Of Monjali Intersectionen_US
dc.Identifier.NIM15511223


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record