Fenomena Eduprenuership Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Agama Islam Program Magister, Konsentrasi Pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
Abstract
Fenomena Eduprenuership dan Prestasi akademik mengembangkan
kemampuan mahasiswa dalam bereduprenuer bersamaan dengan kuliah, memiliki
dampak positif dan negatif bagi mahasiswa, yang menekankan kepada kemampuan
mahasiswa dalam memanajemen waktu secara baik. Dari sini muncul pertanyaan
bagaimana fenomenanya; 1) Bagaimana Fenomena Edupreneurship Mahasisawa
Program Studi Ilmu Agama Islam Program Magister, Kosentrasi pendidikan Islam,
Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta; 2) Bagaimana
prestasi akademik Mahasisawa Program Studi Ilmu Agama Islam Program Magister,
Kosentrasi pendidikan Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam
Indonesia, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan kualitatif dengan jenis penelitian
descriptif yang menggambarkan keadaan obyek yang diteliti. Teknik pengambilan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan analisis data menggunakan interakti dari milles
huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa fenomena Eduprenuership mahasiswa
MIAI memiliki dampak positif dan negatif. Mahasiswa yang mampu memanajemen
waktu dengan baik akan memperoleh dampak positif, sukses pada eduprenuernya dan
memperoleh nilai akademik yang bagus. Sedangkan bagi mahasiswa yang tidak
mampu memanajemen waktu dengan baik maka memperoleh dampak negatif. Jika ia
hanya berfokus pada eduprenuernya saja maka nilai prestasi akademiknya akan
menurun.