Show simple item record

dc.contributor.authorIRFANDY OKTAVIAN
dc.date.accessioned2023-02-01T03:21:54Z
dc.date.available2023-02-01T03:21:54Z
dc.date.issued2022-10-28
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42208
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk pertanggungjawaban pengelola rekening bersama Tokopedia atas wanprestasi dalam perjanjian transaksi jual beli online dalam hal tidak adanya pengembalian dana konsumen oleh pengelola rekening bersama atas pembatalan transaksi jual beli yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode yakni penelitian normatif yuridis yang didukung dengan bahan pustaka atau data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Hasil penelitian ini adalah bahwa: pertama, bahwa pengelola rekening bersama Tokopedia melakukan sebuah wanprestasi, wanprestasi ini adalah tidak melaksanakan apa yang telah disepakati atau yang diperjanjikan sebelumnya yaitu mengenai belum adanya pengembalian dana atas pembatalan transaksi jual beli dan sudah melebihi waktu yang sudah diperjanjikan sebelumnya. Kedua, bahwa pengelola rekening bersama harus bertanggung jawab terkait tidak adanya pengembalian dana konsumen, berdasarkan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen serta pembatasan tanggung jawab dalam KUHPerdata maka bentuk pertanggungjawaban pengelola rekening bersama Tokopedia adalah pertanggungjawaban yang didasarkan pada kontrak atau perjanjian dimana perjanjian tersebut dilanggar dan melakukan wanprestasi. Maka tanggung jawab disini adalah mengganti kerugian yang diderita konsumen dan ganti rugi ini berupa kerugian yang benar-benar nyata di derita oleh konsumen yakni adalah uang yang telah disetorkan sebelumnya kepada pengelola rekening bersama. Berdasarkan pada permasalahan tersebut penulis memberikan saran: pertama, pengelola rekening bersama harus menjalankan sistem tersebut sesuai dengan prosedur yang sudah diperjanjikan dan apabila terjadi suatu masalah agar mengkomunikasikan secara jujur dan terbuka agar tidak merugikan penggunanya. Kedua, apabila bila terjadi sebuah kerugian agar segera diselesaikan dan pemerintah harus membuat regulasi atau pengaturan juga terkait dengan transaksi jual beli online ini khususnya tentang sistem pembayaran guna menjamin keamanan dan melindungi hak-hak bagi para penggunanya serta bentuk pertanggungjawaban para pihak yang melakukan transaksi jual beli online tersebut.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleTanggung Jawab Pengelola Rekening Bersama Atas Kerugian Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online (Studi Kasus Transaksi Jual Beli Online Melalui Tokopedia)en_US
dc.Identifier.NIM18410012


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record