Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pai Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Smp / Mts Di Kabupaten Sleman
Abstract
Fenomenologi pandemic covid-19 yang sedang melanda bumi ini
merupakan sebuah permasalahan besar yang merambat pada semua elemen
masyarakat terkhusus pada dunia Pendidikan. Dampak yang terjadi mengakibatkan
beberapa kasus dan mundurnya mutu Pendidikan dikarenakan munculnya banyak
kendala dan masalah. Salah satu factor yang menentukan mutu Pendidikan itu
sendiri saat ini adalah tingkat kompetensi dan profesionalitas seorang guru.
Penelitian ini akan menganalisis; 1) bagaimana kompetensi pedagogik guru PAI
pada jenjang SMP/MTS di Kabupaten Sleman; 2) apa upaya sekolah dan guru
dalam meningkatkan kompetensinya; 3) bagaimana cara mengatasi kendala dalam
melaksanakan proses pembelajaran agar kembali efektif. Penelitian ini merupakan
penelitian lapangan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang
menggambarkan keadaan objek yang diteliti. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta objek
penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan agama islam, wali murid dan
siswa yang berada di SMP/MTS Kabupaten Sleman. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ; 1) kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam tingkat SMP/MTS
di Kabupaten Sleman telah dilakukan dengan baik dan sesuai, hal tersebut sudah
berdasarkan indicator dan aturan yang berlaku; 2) terdapat upaya yang dilakukan
guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan dan mengembangkan
keprofesionalan seorang guru PAI pada masa pandemic; 3) terdapat strategi dalam
menyikapi permasalahan kendala yang ada.