Analisis Kinerja Supply Chain Pada Proses Pengiriman Barang Pt. Xyz Menggunakan Scor Model 12.0
Abstract
PT.XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang minyak dan gas.
Dalam menjalankan proses bisnis, PT. XYZ memiliki 2 jenis bisnis yaitu perawatan
sumur minyak dan pemasok barang chemical kepada customer. Permasalahan yang
dihadapi oleh perusahaan yaitu terkait dengan keterlambatan pengiriman barang kepada
customer. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari
pengiriman barang agar mengurangi jumlah keterlambatan pengiriman barang. Salah satu
dampak dari keterlambatan pengiriman barang terhadap customer yaitu, hilangnya rasa
kepercayaan customer kepada perusahaan. Customer akan berpindah kepada pemasok
baru bila terjadinya keterlambatan pengiriman barang secara terus menerus. Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode SCOR 12.0, SWOT, thread diagram, fishbone
diagram dan 5W+1H. Pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung
diperusahaan, wawancara dengan stakeholder terkait dan data perusahaan. Berdasarkan
pengolahan data, didapatkan bahwa metrics yang berkaitan dengan keterlambatan barang
yaitu RL.3.32 Customer Commit Date Achievement Time Customer Receiving. Terdapat
gap antara target perusahaan dengan data yang ada dilapangan. Oleh karena itu, terdapat
3 project yang akan dilaksanakan berdasarkan penyebab permasalahan yang ada. Project
tersebut yaitu BP.115 Transportation Management System, BP.018 ABC Inventory
Classification System dan BP.024 Supply Chain Optimization (SCO). Solusi yang akan
dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengiriman barang adalah melakukan pemilihan
ekspedisi dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Melakukan penyimpanan
barang menggunakan ABC inventory control technique dan menerapkan konsep 6S pada
pekerja yang ada pada divisi pergudangan.
Collections
- Industrial Engineering [2227]