Show simple item record

dc.contributor.authorMARTIN MAYUDHA
dc.date.accessioned2023-01-30T04:01:09Z
dc.date.available2023-01-30T04:01:09Z
dc.date.issued2022-12-19
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42078
dc.description.abstractPT.XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang minyak dan gas. Dalam menjalankan proses bisnis, PT. XYZ memiliki 2 jenis bisnis yaitu perawatan sumur minyak dan pemasok barang chemical kepada customer. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan yaitu terkait dengan keterlambatan pengiriman barang kepada customer. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari pengiriman barang agar mengurangi jumlah keterlambatan pengiriman barang. Salah satu dampak dari keterlambatan pengiriman barang terhadap customer yaitu, hilangnya rasa kepercayaan customer kepada perusahaan. Customer akan berpindah kepada pemasok baru bila terjadinya keterlambatan pengiriman barang secara terus menerus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode SCOR 12.0, SWOT, thread diagram, fishbone diagram dan 5W+1H. Pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung diperusahaan, wawancara dengan stakeholder terkait dan data perusahaan. Berdasarkan pengolahan data, didapatkan bahwa metrics yang berkaitan dengan keterlambatan barang yaitu RL.3.32 Customer Commit Date Achievement Time Customer Receiving. Terdapat gap antara target perusahaan dengan data yang ada dilapangan. Oleh karena itu, terdapat 3 project yang akan dilaksanakan berdasarkan penyebab permasalahan yang ada. Project tersebut yaitu BP.115 Transportation Management System, BP.018 ABC Inventory Classification System dan BP.024 Supply Chain Optimization (SCO). Solusi yang akan dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengiriman barang adalah melakukan pemilihan ekspedisi dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), Melakukan penyimpanan barang menggunakan ABC inventory control technique dan menerapkan konsep 6S pada pekerja yang ada pada divisi pergudangan.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Kinerja Supply Chain Pada Proses Pengiriman Barang Pt. Xyz Menggunakan Scor Model 12.0en_US
dc.Identifier.NIM18522329


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record