Pengaruh Kepercayaan, Transparansi, Kualitas Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Minat Membayar Zakat Di Upzisnu Kecamatan Kepil The Role Of Trust, Transparency, Service Quality, And Religiosity On The Intention To Pay Zakat Through Upzisnu Kepil
Abstract
Ketimpangan sosial berdasarkan Ideks Gini di Kabupaten Wonosobo meningkat
dari tahun 2013 hingga 2019. Kecamatan Kepil berpenduduk 99,97% muslim
sehingga peran zakat sangat dibutuhkan untuk mengurangi ketimpangan sosial di
wilayahnya. Lebih dari enam ratus juta rupiah donasi dari 4.510 donatur di 22
ranting telah dikumpulkan oleh UPZISNU Kepil sejak tahun 2019 hingga
2021.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan analisis regresi linear berganda. Pendekatan koreasional digunakan untuk
mengukur tingkat impliksasi variabel independen terhadap variabel
dependen.Kepercayaan dan tranparansi ditemukan dalam penelitian ini
berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat membayar zakat melalui
UPZISNU Kepil. Kualitas pelayanan dan religiusitas ditemukan dalam penelitian
ini tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat membayar zakat
melalui UPZISNU Kepil. Kepercayaan, transparansi, kualitas pelayanan dan
religiusitas berpengaruh secara simultan terhadap variabel minat masyarakat
membayar zakat melalui UPZISNU Kepil.Sampel dalam penelitian ini masih
terbatas pada 100 responden yaitu warga Nahdlatul Ulama yang tinggal di wilayah
Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo.Penelitian selanjutnya dipilih responden
yang pernah membayar zakat dan data dikumpulkan dengan wawancara atau survei
sehingga data yang didapatkan lebih akurat dan objektif.
Collections
- Islamic Economics [826]