Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Investasi Syariah Melalui Aplikasi Ajaib (Studi Kasus: Generasi Z Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah terhadap
minat investasi syariah generasi Z melalui aplikasi Ajaib. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu purposive sampling
dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ada 130 responden generasi Z
yang berada di Yogyakarta. Sebelum di olah data diuji terlebih dahulu dengan uji
validitas dan reliabilitas dengan pengelolaan data menggunakan aplikasi jamovi dan
dianalisis dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi keuangan
syariah berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi Ajaib dengan nilai
signifikan < 0,05, persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap sikap
penggunaan dengan nilai signifikan < 0,05, persepsi kemudahan berpengaruh
signifikan terhadap sikap penggunaan dengan nilai signifikan < 0,05 dan sikap
penggunaan berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan dengan nilai
signifikan < 0,05.
Collections
- Islamic Economics [823]