Analisis Hasil Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Man Program Keagamaan (Manpk) Di Man 1 Yogyakarta
Abstract
Belajar merupakan aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik guna
memiliki kompetensi dalam bentuk pengetahuan dan juga keterampilan. Guna
mengetahui tolak ukur keberhasilan suatu pembelajaran, maka diperlukannya
prestasi belajar. MAN Program Keagamaan (PK), merupakan program
pendidikan yang berbasis asrama. Dengan adanya program pendidikan berbasis
asrama yang berada dalam lingkungan MAN tidak dalam lingkungan pesantren
membuat peneliti ingin mengetahui hasil prestasi belajar yang diperoleh siswa
kelas XI MAN PK di MAN 1 Yogyakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui hasil prestasi belajar yang diperoleh siswa dan untuk
mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang melatar belakangi
hasil prestasi belajar siswa.
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik
penentuan informan yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik
pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.
Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi
metode dan teknik analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian
data, kesimpulan dan verifikasi.
Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan
menunjukkan bahwa, hasil prestasi belajar siswa kelas XI MAN PK pada
pembelajaran sekolah dan asrama memperoleh prestasi belajar dengan predikat
baik. Rata-rata nilai yang diperoleh adalah 85,73 pada pembelajaran sekolah dan 84,92 pada pembelajaran asrama. Faktor pendukung prestasi belajar siswa
diantaranya faktor internal yang ada dalam diri siswa dan faktor eksternal yang
berasal dari luar siswa. Sedangkan faktor penghambat prestasi belajar adalah
faktor latar belakang pendidikan dan kurangnya waktu luang yang dimiliki siswa.
Collections
- Islamic Education [862]