Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah Unggulan Bustanul Hikmah Lamongan
Abstract
Model pembelajaran memiliki definisi berupa rangkaian yang tersusun dan
terencana yang dikemas berisikan kemahiran dalam upaya pembentukan capaian
belajar siswa serta berguna sebagai pegangan dalam proses belajar antara siswa
dan guru. Pembelajaran bahasa Arab lebih menyenangkan dibanding dengan
pembelajaran mata pelajaran yang lain karena tidak hanya menggunakan metode
ceramah tetapi juga pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh model pembelajaran
Quantum Teaching terhadap hasil belajar bahasa arab siswa Madrasah Aliyah
Unggulan Bustanul Hikmah Lamongan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian
yaitu guru mata pelajaran Bahasa Arab dan seluruh Siswa Madrasah Aliyah
Unggulan Bustanul Hikmah Lamongan. Objek penelitian ini yaitu pengaruh
model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa
di Madrasah Aliyah Unggulan Bustanul Hikmah Lamongan. Teknik pengambilan
sampel dilakukan dengan Proportionate Stratified Random Sampling, yakni
pengambilan sampel apabila populasi memiliki anggota yang tidak homogen serta
berstrata. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, angket,
dan observasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan regresi linier
sederhana dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model
pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar bahasa arab siswa di
Madrasah Aliyah Unggulan Bustanul Hikmah Lamongan sebesar 5,9% dan nilai
signifikansi yang diperoleh sebesar 0.018 < 0.05.
Collections
- Islamic Education [882]