Pemberdayaan Masyarakat Muslim Melalui Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Kasus Csr Pt Telkom Palangkaraya) Empowerment Of Muslim Communities Through Corporate Social Responbility Program (Case Study Of Csr Pt Telkom Palangkaraya)
Abstract
CSR adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam
pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung
jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian
terhadap aspek ekonomis, sosial, dan lingkungan. saat ini kenyataannya dalam
pelaksanaannya tidak sedikit program-program yang tidak tepat sasaran dan tidak
memberikan kontribusi yang signifikan untuk masyarakat. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah
penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau
kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat, mengenai sifat-sifat populasi atau
daerah tertentu. teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara,
dan Dokumentasi. Hasilnya PT Telkom Tbk Palangkaraya dalam menjalanan CSR
mengikuti himbauan Menteri terkait dengan Program Kemitraan dan Bina
Lingkungan (PKBL). Peneliti melihat dua aktivitas yang memperlihatkan peran
nyata PT Telkom dalam Pemberdayaan masyarakat muslim yang pertama adanya
program yang sampai saat ini rutin saat bulan ramadhan ialah berupa
bantuan/santunan kepada kaum yatim dan duafa dan acara pengajian. Yang kedua
adalah bantuan pembangungan Panti Asuhan Dan Ponpes Nurul Sholihin di
Palangkaraya. Kendala yang dialami PT Telkom Palangkaraya Dalam menjalankan
CSR yaitu pemahaman CSR itu sendiri dari masyarakat yang masih keliru, sampai
adanya kecurangan administrasi seperti Adanya kasus penggelapan dana dan
pemalsuan anggunan Mitra binaan.
Collections
- Islamic Economics [826]