Strategi Pembinaan Akhlaq Mulia Pada Anak Tpa An-Nur Desa Cemoroharjo, Candibinangun, Pakem, Sleman
Abstract
Pembinaan akhlaq mulia yang dilakukan sejak dini akan mempengaruhi
kebiasaan sehari-hari seorang anak dimasa mendatang, maka dari itulah
pentinyanya pembinaan akhlaq mulia yang dilakukan sejak dini. Karakter setiap
anak dicerminkan dari perilakunya sehari-hari yang menentukan kebiasaan baik
atau buruk nya setiap individu. Masa-masa Golden Age ini sangat bagus untuk
membentuk kepribadian seseorang dikarenakan sifat alami seorang anak yang
masih suka mengikuti lingkungan sekitarnya. Akan tetapi perubahan zaman pada
saat ini membuat minimnya akhlaq mulia pada diri seorang anak. Melihat hal
tersebut, maka strategi pembinaan akhlaq mulia dalam pembentukan kepribadian
anak merupakan wujud upaya pembentukan karakter anak ke arah yang religius.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pendidik dalam
membina akhlaq mulia bagi anak dan juga untuk mengetahui faktor pendukung
dan penghambat dalam membina akhlaq mulia anak di TPA An-Nur
Cemoroharjo, Pakem, Sleman, sebagai upaya pembentukan karakter anak TPA
dan juga dapat dijadikan contoh atau acuan untuk TPA lain dalam upaya
pembentukan karakter seorang anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data ini
adalah kualitatif. Data dianalisis dengan tiga tahap reduksi data, penyajian data,
dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ditemukan bahwa pembinaan akhlak santri di TPA AnNur
yakni dengan memberikan nasihat, mencontohhkan langsung, menjelaskan
bersosialisasi kepada teman sebaya maupun yang lebih tua, memberikan reward,
membina dan membimbing santri agar mampu berperilaku yang baik dan benar.
Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak santri adalah: kualitas para guru,
semangat belajar santri. Faktor penghambat yakni: lingkungan yang kurang
islami, kurangnya tenaga pengajar, sarana dan prasarana, kurangnya dukungan
dana, media masa.
Collections
- Islamic Education [862]