Pengaruh Potongan Harga, Kualitas Produk, Dan Persaingan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Pasar Ikan Tradisional Glondonggede, Kec. Tambakboyo, Kab. Tuban)
Abstract
Semakin berkembangnya pertumbuhan ekonomi penjual berupaya untuk
mendapatkan pangsa pasar yang selalu bertumbuh. Beberapa permasalahan pada
penelitian ini yaitu adanya ketidakmerataan pemberian potongan harga, kualitas
produk yang masih diragukan, dan tidak adanya negosiasi. Hal ini mengakibatkan
minimnya minat pembeli untuk datang dan melakukan pembelian di Pasar
Glondonggede. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh potongan
harga, kualitas produk, dan persaingan harga terhadap keputusan pembelian
konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
data primer sebagai sumber data. Pengambilan data dilakukan melalui penyebaran
kuisioner secara paper printed dan metode sampling yang digunakan yakni nonprobability
sampling
dengan
teknik
convenience
sampling
terdiri
dari
80
responden
yang
merupakan
konsumen
melakukan
pembelian
ikan
di
Pasar
Glondong.
Metode
analisis
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian
pada uji F menunjukan secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan
terhadap variabel dependen dan model regresi dikatakan layak. Dari hasil
menggunakan uji t dapat diketahui secara persial bahwa variabel potongan harga
berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, untuk variabel
persaingan harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel
kualitas produk diketahui tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 26.7% Sedangkan 73.3%
lainnya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak tercantum dalam penelitian ini.
Collections
- Islamic Economics [826]