Mekanisme Pemasaran Bisnis Ngemil Yuk ; Rebranding Produk Olahan Pangan Basreng (Bakso Goreng)
Abstract
Saat ini, makanan menjadi produk yang potensial dalam dunia bisnis. Adanya
peningkatan pada minat masyarakat terhadap bisnis kuliner, menjadi faktor
berkembangnya berbagai ide serta inovasi yang dihasilkan guna memenuhi
kebutuhan konsumen terhadap makanan khususnya pada sektor camilan. Mengacu
pada hasil survei dan observasi yang telah dilakukan terhadap bisnis camilan,
penulis dan tim memilih untuk merintis bisnis bakso goreng (basreng). Beberapa
produk yang sudah dijual di Indonesia memiliki rasa yang lezat namun memerlukan
perbaikan dari segi branding, yaitu pada bentuk kemasan produk. Pada perintisan
Bisnis kali ini, penulis dan kelompok melakukan Perintisan Bisnis yang berjudul
Ngemil Yuk; Rebrading Produk Olahan Pangan Basreng (Bakso Goreng).
Perintisan bisnis dilaksanakan pada Bulan Februari 2022 sampai dengan Oktober
2022. Penjualan dilakukan melalui sosial media Instagram, marketplace (shopee),
pengantaran secara langsung, konsinyasi, serta melalui agen dan reseller.
Pada laporan ini penulis melaporkan aspek pemasaran dari bisnis Ngemil Yuk,
yaitu melakukan survei pasar, desain logo dan kemasan, pengenalan merek dan
produk, pembuatan konten pemasaran, dan berkoordinasi bersama bidang keuagan
dan produksi. Pada analisis sebelum pelaksaan, bisnis Ngemil Yuk dinyatakan
layak untuk dijalankan. Pada analisis terakhir yang dilakukan, program kerja bidang
pemasaran telah terlaksana dengan baik ditunjukkan dengan terciptanya brand
awareness dan pasar potensial terhadap merek dan produk bisnis Ngemil Yuk,
namun masih perlu adanya optimalisasi pada penentuan strategi kinerja aspek
pemasaran dan sinkronisasi dengan kondisi produksi dan keuangan pada perintisan
bisnis.
Collections
- Islamic Economics [826]