Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Terhadap Minimarket Di Pontianak ( Studi Kasus Indomaret Dan Toko Basmalah )
Abstract
Pada saat ini semakin banyak bisnis ritel yang dikembangkan. Salah satunya
dengan mendirikan minimarket berbasis syariah. Tetapi minimarket syariah ini
masih kalah saing dengan minimarket – minimarket konvensional yang ada di Kota
Pontianak. Hal tersebut diperkuat dengan data yang ada pada salah satu minimarket
syariah di Kota Pontianak yaitu Toko Basmalah. Pendapatan pada Toko Basmalah
di bulan November sebesar Rp. 276.382.961 sedangkan di Indomaret yang
lokasinya tidak jauh dari Toko Basmalah pendapatannya sebesar Rp. 490.701.436.
Hal ini membuktikan bahwa konsumen masih banyak memilih Indomaret
dibanding Toko Basmalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Faktor –
Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Terhadap
Minimarket di Kota Pontianak ( Studi Pada Indomaret dan Toko Basmalah Jl. Gusti
Situt Mahmud ). Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner dan
wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Alat analisa yang
digunakan adalah uji instrument, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Objek yang
digunakan adalah konsumen Indomaret dan konsumen Toko Basmalah Jl. Gusti
Situt Mahmud dengan populasi seluruh konsumen yang melakukan pembelian
dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
secara parsial semua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian pada Indomaret dan Toko Basmalah Jln. Gusti Situt Mahmud.
Secara simultan variabel religiulitas, harga, produk, kualitas pelayanan, lokasi, dan
promosi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian.
Collections
- Islamic Economics [827]