Implementasi Game Edukasi Quizizz Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Pai Di Kelas 5 Sdn Ngringin Moyudan Sleman
Abstract
Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah sangat berkembang
pesat pada bidang pendidikan dan dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses
evaluasi pembelajaran. Appliksi Quizizz dapat membantu guru dalam melakukan
evaluasi pembelajaran. Dengan diterapkannya Applikasi Quizizz kepada siswa pada
mata pelajaran PAI, telah membantu siswa untuk meningkatkan hasil pembelajaran
tentunya dengan menyenangkan dan mengasyikan. Guru menggunakan metode lisan
dan tertulis atau Paper Based Test dalam proses evaluasi. Soal-soal yang diberikan
selalu sama dengan yang terdahulu dan tidak beragam, akibatnya siswa menjadi
tidak bersemangat dan jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
implementasi dan hasil implementasi pada game edukasi Quizizz pada proses
evaluasi pembelajaran PAI kelas 5 di SD Negeri Ngringin.
Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan
metode penelitian pendekatan kualitatif (deskriptif). Informan dalam penelitian ini
adalah seorang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas
5. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive
Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan Observasi, Wawancara dan
Dokumentasi.
Hasil penilitian dari implementasi penggunaan media Quizizz dalam proses
evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI di kelas V SD N Ngringin terbagi
menjadi empat tahapan yaitu perencanaan alur, rancangan, penerapan dan evaluasi.
Adapun hasil dari implementasi penggunaan quizizz sebagai media evaluasi
pembelajaran siswa pada hasil yang telah di dapatkan oleh siswa setelah
menggunakan Quizizz, terbagi menjadi 2 yaitu ranah afektif, bahwa Quizizz dapat
meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa. Pada ranah psikomotorik, siswa
menjadi cepat memahami materi, cermat, teliti dan lebih tertarik dalam menggunakan
Quizizz, sehingga hal ini dapat meningkatkan daya ingat dan pemahaman siswa.
.
Collections
- Islamic Education [863]