Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan S.Z., M.Si
dc.contributor.authorAULIA FADILLAH SHALIHAH
dc.date.accessioned2023-01-12T07:50:01Z
dc.date.available2023-01-12T07:50:01Z
dc.date.issued2022-11-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41737
dc.description.abstractAl-Qur’anِmerupakanِkitabِsuciِterakhirِyangِditurunkan oleh Allah SWT kepada nabi Muhammad SAW yang menjadi syafaat untuk kehidupan umat manusia di muka bumi. Manusia diwajibkan untuk melestarikan kemurnian isi AlQur’an.ِ Namun,ِ kegiatanِ menghafal ayat suci Al-Qur’anِ tentuِ memerlukanِ niatِ yang kuat serta disiplin untuk selalu menghafal dan menjaga hafalan agar tetap ingat. Namun, tak jarang para siswa/i mengalami keterhambatan dalam menghafal, seperti kurang disiplin, malas menghafal, dll. Tujuan utama penelitian ini ialah bagaimana serta apa saja faktor pendukung dan penghambat program Tahfidz AlQur’anِdalamِupayaِkedisiplinanِsiswa/iِMTsِNegeriِ6ِSlemanِD.IِYogyakarta. Metode yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) serta menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan pada penelitian ini diantaranya Guru Pengampu Tahfidz, Kepala Madrasah, WaKa Kurikulum serta beberapa siswa/i. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan yakni menggunakan 2 (dua) teknik diantaranya Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’anِ dalamِ upayaِ kedisiplinanِ siswa/iِ diِ MTsِ Negeriِ 6ِ Slemanِ terlaksana dengan sangat baik dan terarah, dikarenakan dengan diadakannya program Tahfidz Takhasus 6 serta adanya kelas khusus Tahfidz. Pada proses pembelajaran para guru menggunakan metode Tiqror dan Talaqqi. Faktor pendukung pada program Tahfidz Al-Qur’anِ dalamِ upayaِ kedisiplinan siswa/i diantaranya target yang jelas untuk siswa yaitu minimal memiliki 6 Juz Al-Qur’an,ِ peran orang tua yang memotivasi dan mengantarkan anak ke madrasah sebelum pukul 06.00 dan para siswa memiliki kesadaran diri untuk menghafal Al-Qur’an.ِ Pada faktor penghambat diantaranya materi hafalan yang berbeda dikarenakan adanya 2 program Tahfidz yang membuat siswa memiliki target hafalan berbeda, faktor cuaca buruk membuat siswa terlambat/tidak masuk sekolah karena sakit serta motivasi siswa/I tidak stabil, rasa malas/lelah, ayat hafalan yang susah, pengaruh dari Handphone/sosial media serta kurang manajemen waktu orang tua untuk mengantar anak ke madrasah.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleAnalisis Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Upaya Kedisiplinan Siswa/I Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sleman D.I Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM18422100


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record