Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang
Abstract
Pendidikan terbaik dalam menananamkan nilai-nilai Agama islam dilakukan sejak
anak-anak. Pada masa ini, anak akan menyimpan memori ingatannya dengan sangat kuat.
Penelitian ini bertujuan untuk 1 Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat
baca Al-Qur’an siswa kelas XI SMA Negeri 1 Comal. 2 Untuk mengetahui faktor yang
mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi guru dalam menumbuhkan minat baca
Al-Qur’an siswa kelas XI SMA Negeri 1 Comal. 3 Untuk mengetahui solusi dalam
meningkatkan minat baca Al-Qur’ansiswa kelas XI SMA Negeri 1 Comal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
peserta didik Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang. Objek penelitia n
ini berupa Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an. Teknik yang
digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive
Sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu : Satu Strategi guru dalam meningkatkan minat baca AlQur’an
siswa dengan guru membimbing siswa secara kelompok dan individu, mengadakan
program pembiasaan membaca Al Qur’an sebelum pembelajaran, Guru memberikan target
hafalan surat-surat pendek kepada siswa. Dua Faktor pendukung dan penghambat dalam
pelaksanaan strategi guru untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu: Peran Orang Tua
dan Guru untuk siswa, memberikan motivasi kepada siswa, latar belakang siswa yang
berbeda beda, keterbatasan waktu di sekolah, Faktor lingkungan sosisal. Tiga Solusi yang
dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an siswa dengan guru
mengadakan Program ekstrakulikuler BTQ, Menambah variasi metode pembelajaran
dengan audio visual, pendekatan kasih sayang dan nasehat yang baik.
Collections
- Islamic Education [897]