Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Di Man 2 Jembrana Bali
Abstract
Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada masa pandemi membuat
beberapa sekolah harus menyesuaikan model pembelajaran yang dilakukan.
Situasi ini tidak luput mempengaruhi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jembrana
dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam (PAI). Permasalahan yang muncul adalah hasil belajar siswa yang menurun,
sehingga banyak guru mencari cara baru mengadopsi beberapa cara lama
bagaimana proses pembelajaran berjalan secara optimal. Dalam pemilihan strategi
pembelajaran yang diterapkan guru menyesuaikan dengan materi pelajaran yang
diajarkan. Terkadang pembelajaran PAI hanya berjalan satu arah yaitu dari guru,
sehingga pada saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) guru mencoba
untuk melakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center). Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran
PAI pada masa pandemi, mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan
hasil belajar siswa serta mengidentifikasi kendala guru PAI dalam meningkatkan
hasil belajar siswa pada masa pandemi di MAN 2 Jembrana.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sumber informan berjumlah 7 orang yaitu, 3 guru PAI, 1 kepala
madrasah, dan 3 siswa kelas dua belas. Penentuan informan dalam penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Serta keabsahan data dalam penelitian
ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa 1) proses PTMT guru PAI
menggunakan berbagai macam strategi dalam proses pembelajaran, diantaranya
model problem based learning, project based learning, blended learning, dan
metode diskusi. Sedangkan media pembelajaran yang digunakan yaitu power
point, video pembelajaran, dan buku paket PAI. 2) Upaya guru PAI dalam
meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menyesuaikan strategi pembelajaran yang
sesuai dengan kemampuan kognitif siswa, mengajak siswa untuk rajin membaca
buku, memberikan motivasi, serta memberikan contoh uswatun hasanah. 3)
Kendala yang dialami guru PAI terbagi menjadi dua faktor. Faktor internal yaitu
guru mengalami kebosanan. Sedangkan faktor eksternal yaitu keaktifan siswa
menurun, kuota mahal, jaringan tidak stabil, kurang pendampingan dari orang tua.
Collections
- Islamic Education [863]