Penanaman Nilai-Nilai Islam Wasathiyah Dalam Pembelajaran Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Kota Bima Nusa Tenggara Barat
Abstract
Islam sebagai agama rahmatan lil alamin memberikan ruang untuk saling
menghargai dalam keberagaman bagi para penganutnya, namun acapkali
keberagaman ini membawa sikap yang ekslusifitas pada diri umat. Maka dari
peran penting pondok pesantren sebagai lembaga Pendidikan Islam untuk
melahirkan generasi Islam melalui pembelajaran yang mampu mensyarkan nilainilai
wasathiyah sehingga generasi Islam kedepannya mampu bersikap tengah
pada arus-arus perbedaan.
Tujuan dari penelitian ini yaitu yang pertama, untuk mengelaborasi nilainilai
Islam wasathiyah apa saja yang ditanamkan dan yang kedua, untuk
menjelaskan bagaimana proses penanaman nilai-nilai wasathiyah di Pondok
Pesantren Darul Hikmah Kota Bima Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang berisi kan penjelasan tentang data yang
diperoleh di lapangan. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan mereduksi data, memaparkan data dan
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pondok Pesantren Darul
Hikmah Kota Bima Nusa Tenggara Barat telah menanamkan beberapa nilai-nilai
Islam wasathiyah dalam pembelajaran terutama nilai al-hurriyah, nilai attasamuh,
nilai
al-adl
dan
nilai
at-tawazun.
2)
Proses
penanaman
nilai-nilai
Islam
wasathiyah
dalam pembelajaran melalui tiga tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi. Tahap perencenaan dimulai penanaman nilai Islam
wasathiyah pada guru melalui pengajian dan penataran, kemudian dielaborasikan
pada RPP madrasah dan RPP pondok pesantren. Tahap pelaksanaan melalui
metode diskusi, ceramah di dalam kelas, menggunakan pendekatan saintifikdoktrin
dan melalui program Konsulat. Tahap evaluasi penanaman nilai Islam
wasathiyah melalui identifikasi keseharian siswa, kegiatan Safari Ramadhan
sebagai evalusi pembelajarandan musyawarah dengan pihak berwenang.
Collections
- Islamic Education [864]