Usulan Strategi Bisnis Dalam Peningkatan Penjualan Dengan Menggunakan Metode Swot Dan Quantitative Strategic Planning Matrix Pada Umkm Sami Murah
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi secara global termasuk di Indonesia, hal ini
mengakibatkan dampak negatif terhadap berbagai lini bisnis khususnya bisnis UMKM.
Melihat permasalahan UMKM Meubel Sami Murah Cilacap saat ini yakni mengalami
fluktuasi penjualan akibat pandemi Covid-19 dan banyaknya pesaing, sehingga
memerlukan perancangan strategi bisnis yang tepat untuk dapat keluar dari permasalahan
serta dapat mengembangkan usaha kedepannya, sehingga mampu bertahan dalam
persaingan. Inisiasi yang dilakukan adalah menganalisis dengan menerapkan metode
SWOT dan QSPM. Berbekal data didapatkan dalam penelitian, permasalahan dan
pengetahuan tersebut, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengidentifikasi
faktor lingkungan baik internal maupun eksternal lebih mendalam melalui analisis
SWOT, dan QSPM guna menentukan alternatif strategi yang terbaik untuk digunakan
pada Meubel Sami Murah memenangkan persaingan pasar. Berdasarkan pengolahan data
menggunakan Matriks IFAS dan Matriks EFAS, posisi UMKM Sami Murah berada di
posisi I yang berarti grow and build strategy. Dalam matriks QSPM, alternatif strategi
yang ada didapatkan dari matriks SWOT dimana nilai tertinggi pada TAS adalah strategi
S-O dengan skor 5,965.
Collections
- Industrial Engineering [2227]