Analisis Sifat Mekanik Dan Tribologi Pada Cakram Baru Dan Bekas Dengan Perlakuan Permukaan
Abstract
Pengereman memiliki dua komponen penting yakni piringan cakram yang
berputar sesuai kecepatan roda mobil dan kampas rem yang akan menghambat
kecepatan kendaraan. Kedua komponen tersebut akan bergesekan. Kemudian akan
menimbulkan koefisien gesek, aus dan peningkatan temperatur. Hal ini lama
kelamaan mengakibatkan peningkatan aus dengan penurunan koefisien gesek dan
menyebabkan kedua komponen pengereman mengalami penurunan kualitas
pengereman. Pada penelitian ini akan menganalisis sifat mekanik meliputi
kekerasan dan sifat tribologi meliputi kekasaran, massa aus, koefisien gesek dan
suhu hasil pengujian pada cakram Ayla/Agya transmisi manual 1000cc dengan
cakram pejal. Cakram yang digunakan adalah orisinal baru (OB), bekas sebelum
di bubut (SB), dan bekas hasil bubut (B). Penelitian ini juga berupaya untuk
mengembangkan kualitas pada cakram bekas hasil bubut dengan perlakuan
permukaan pengamplasan dan pengerasan induksi.
Berdasarkan hasil keseluruhan pengujian sebelum perlakuan didapat hasil
terbaik yaitu pada produk orisinal baru (OB) (dengan hasil kekasaran 0,534±0,04
μm, total massa aus 0,0037 gram, koefisien gesek 0,247±0,019, suhu 34°C dan
kekerasan 213,7±2 BHN), lalu produk sebelum bubut (SB), dan yang paling rendah
pada produk bubut (B). Kemudian dilakukan perlakuan pengamplasan terhadap
produk bubut (B). Setelah perlakuan pengamplasan mendapatkan hasil pengujian
kekasaran 0,742±0,112 μm, total massa aus 0,0023 gram, koefisien gesek
0,231±0,082, dan suhu tertinggi pada 32,37°C. Berarti pada perlakuan
pengamplasan sudah menjadi lebih positif. Selanjutnya dilakukan proses
pengerasan permukaan induksi. Hasilnya secara keseluruhan sudah berhasil
menyerupai dan melebihi produk orisinal dengan parameter terbaik yaitu pada
spesimen (B4) dengan arus 1000 ampere, waktu 20 detik dan suhu 657°C.
Mendapatkan hasil pengujian kekasaran 0,480±0,038 μm, total massa aus 0,0037
gram, koefisien gesek 0,387±0,061, suhu tertinggi 37°C dan kekerasan
455,71±16,37 BHN.
Collections
- Mechanical Engineering [559]