Pengembangan Buku Pengayaan: Entrepreneurship In Chemistry
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan Buku Pengayaan
“Entrepreneurship in Chemistry” 2) mengetahui kelayakan dari Buku Pengayaan
“Entrepreneurship in Chemistry”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan 4D (Four-D) yang
dicetuskan oleh Thiagarajan dengan melalui 3 tahap pengembangan yaitu Define,
Design, dan Development. Untuk mengembangkan buku pengayaan ini, diambil
data berupa analisis kebutuhan yang dilakukan pada 9 sekolah di Daerah Istimewa
Yogyakarta yaitu SMA N 1 Mlati, MAN 4 Sleman, SMA N 1 Ngaglik, SMAN 2
Ngaglik, SMK N 1 Cangkringan, SMA N 1 Cangkringan, SMA Kolombo, SMK
Bina Harapan, dan SMA N 1 Pakem, serta diperoleh penilaian kelayakan produk
dari 2 orang ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan
produk yang telah dilakukan, buku pengayaan “Entrepreneurship in Chemistry”
mendapat skor rata-rata penilaian yaitu sebesar 34, skor ini masuk ke dalam
kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat
disimpulkan bahwa: 1) pengembangan buku pengayaan “Entrepreneurship in
Chemistry” dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D (Four-D), 2)
pengembangan buku pengayaan “Entrepreneurship in Chemistry” dinyatakan layak
digunakan sebagai sumber belajar.
Collections
- Chemistry Education [324]