Analisis Strategi Digital Marketing Melalui Perancangan Selfservice Business Intelligence Sebagai Sistem Pengambilan Keputusan (Studi Kasus: Startup “Aksel.Id”)
Abstract
Aksel (PT Kreasi Pemuda Bangsa) merupakan startup persiapan karir kaum muda Indonesia
yang menciptakan ekosistem eksplorasi karir sejak tahun 2018. Dengan 3 produk andalan yaitu
Career Mentoring, ATS Checker, dan CV Maker & Review dengan aksel memiliki lebih dari
60.000 pengikut di Instagram, 200.000 lebih pengguna produk, Pada pengambilan keputusan
khususnya dalam bisnis dan strategi digital marketing Aksel memerlukan alat untuk
menghasilkan keputusan yang objektif. Perancangan SSBI (self-service business intelligence)
melalui dashboard menggunakan Microsoft Power BI diharapkan dapat menggambarkan bisnis
isu yang terjadi dan permasalahan digital marketing pada Instagram Aksel. Proses perancangan
SSBI dimulai dari melakukan wawancara, pengumpulan data, tahapan ETL, hingga proses
build & test. Setelah ditinjau pada saat perancangan, diusulkan 3 dashboard dari sumber data
google analytics, Instagram Raw Data, data pendapatan, dan data sales order. Hasil 3
dashboard berupa Business Side Dashboard, Instagram KPI Performance Dashboard, dan
Analysis content performance.
Collections
- Industrial Engineering [2235]