Show simple item record

dc.contributor.advisorNarayana Mahendra Prastya, S.Sos M.A
dc.contributor.authorMUHAMMAD IKHSAN MAHENDRA
dc.date.accessioned2023-01-09T06:16:14Z
dc.date.available2023-01-09T06:16:14Z
dc.date.issued2022-08-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41586
dc.description.abstractDampak pandemi virus corona (Covid-19) terhadap sektor pariwisata global cukup signifikan. Kota Bukittinggi merupakan kota yang memiliki banyak tempat wisata dan mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di masa pandemi Covid-19. (2) Untuk mengidentifikasi faktor yang menjadi penghambat dan faktor pendukung yang dihadapi oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di masa pandemi Covid-19. Paradigma penelitian adalah penelitian secara langsung di lapangan atau field research. Jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi komunikasi pemasraan pariwisata oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Bukittinggi pada masa pandemic lebih menitik beratkan pada stategi Pull Strategy dan push Strategy. Dinas Pariwisata berupaya memanfaatkan media cetak, media sosial, website dan media elektroni untuk menari wisatan untuk berkunjung ke tempat wisata. (2) Strategi komunikasi pemasaran pariwisata dikelola dengan cara mengindentifikasi khalayak yang dituju yaitu masyarakat local dan nasional, menenutkan tujuan komunikasi untuk membangkitkan minat wisatawan lokal maunpun nasional untuk berkunjung ke kota Bukittinggi, merancang pesan yang menarik mengenai keunggulan objek wisata, memilih saluran komunikasi pemasaran digital dan media sosial, menentukan total anggaran promosi dengan metode terjangkau. (3) Faktor pendukung strategi komunikasi pemasraan pariwisata yaitu media sosial, kerjsama dengan media local, agen wisata dan sanggar seni dan penghambat yaitu lingungan ekonomi, lingkungan teknologi, lingkungan politik dan hukum, serta lingkungan sosial dan budayaen_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kota Bukittinggi Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Masa Pandemi Covid-19en_US
dc.Identifier.NIM17321085


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record