Pengaruh Label Ramah Lingkungan Dan Efektivitas Yang Dirasakan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Ramah Lingkungan
Abstract
Penelitian tentang green marketing telah dilakukan secara ekstensif, namun peneliti
menemukan beberapa faktor yang memengaruhi konsumen terhadap pembelian
produk ramah lingkungan yang masih sedikit dieksplorasi, terutama variabel
efektivitas yang dirasakan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis faktor yang memengaruhi pembelian produk ramah lingkungan.
Objek penelitian ini adalah The Body Shop Indonesia, dengan subjek penelitian
konsumen yang pernah membeli dan menggunakan produk The Body Shop di
wilayah Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode
convenience sampling. Peneliti menyebarkan kuesioner dan memperoleh data 200
responden sebagai primer data yang diolah menggunakaan PLS-SEM. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelian produk ramah lingkungan dipengaruhi
label ramah lingkungan, atribut produk, efektivitas yang dirasakan konsumen dan
kepedulian lingkungan secara signifikan.
Collections
- Master of Public Notary [116]