Pengaruh Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis It Dengan Aplikasi Zoom Terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Abstract
Umumnya, pembelajaran dilakukan dengan tatap muka yaitu guru bertemu
dengan peserta didik. Namun, dikeadaan yang sekarang dunia sedang mengalami
musibah sebuah wabah menular yaitu Covid-19. Dengan adanya wabah ini, dunia pendidikan
menjadi
berubah
karena
harus
melakukan
pembelajaran
secara
virtual/online
karena
memiliki
resiko
yang
besar
jika
tetap
dilaksanakan
secara
tatap
muka.
Program
Studi
Pendidikan
Agama
Islam
melakukan
pembelajaran
online
berbasis
IT.
Penelitian
ini
bertujuan
untuk
mengetahui
seberapa
besar
pengaruh
dan
seberapa
tinggi
efektifitas
pembelajaran
daring
berbasis
IT
dengan
aplikasi
Zoom
terhadap
kemampuan
kognitif
mahasiswa
Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel Penelitian
ini adalah 73 orang mahasiswa yang diambil menggunakan teknik proposional simple
random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawawancara
dan
dokumentasi.
Data
dianalisis
dengan
menggunakan
teknik
analisis
regresi
linier
sederhana.
Hasil
Penelitian
menunjukkan
bahwa
pembelajaran
daring
tidak
memiliki
pengaruh
pada
kemampuan
kognitif
mahasiswa.
Namun,
data
menunjukkan
adanya
hubungan
yang
positif
antara
kedua
variable.
Dimana
pembelajaran
harus
terus
dilakukan
meski
adanya
keterbatasan
dalam
tatap
muka
yaitu
dengan
penggunaan
aplikasi
berbasis
IT.