Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. Ahmad Darmadji., M.Pd
dc.contributor.authorADINDA PUTRI AMARA
dc.date.accessioned2023-01-05T07:00:03Z
dc.date.available2023-01-05T07:00:03Z
dc.date.issued2022-10-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41512
dc.description.abstractUmumnya, pembelajaran dilakukan dengan tatap muka yaitu guru bertemu dengan peserta didik. Namun, dikeadaan yang sekarang dunia sedang mengalami musibah sebuah wabah menular yaitu Covid-19. Dengan adanya wabah ini, dunia pendidikan menjadi berubah karena harus melakukan pembelajaran secara virtual/online karena memiliki resiko yang besar jika tetap dilaksanakan secara tatap muka. Program Studi Pendidikan Agama Islam melakukan pembelajaran online berbasis IT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan seberapa tinggi efektifitas pembelajaran daring berbasis IT dengan aplikasi Zoom terhadap kemampuan kognitif mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode survey. Sampel Penelitian ini adalah 73 orang mahasiswa yang diambil menggunakan teknik proposional simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring tidak memiliki pengaruh pada kemampuan kognitif mahasiswa. Namun, data menunjukkan adanya hubungan yang positif antara kedua variable. Dimana pembelajaran harus terus dilakukan meski adanya keterbatasan dalam tatap muka yaitu dengan penggunaan aplikasi berbasis IT.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectZoomen_US
dc.titlePengaruh Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis It Dengan Aplikasi Zoom Terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM20913079


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record